The Perks of Being Anak Kos (1)


Halo guys, apa kabar? Wah rasanya udah lama banget ya aku vakum blogging, terakhir kali blogging bulan Februari kemaren! Anyway, daripada sibuk bikin alasan kenapa aku belum sempat update blogku, lebih baik kalo aku share cerita selama aku ngekos.

So a few months ago, I decided to move out from my house. Sempat ditanyain sama temen-temen kenapa aku ngekos, secara aku kuliah di medan dan juga originally live in Medan. Tapi karena alasan jarak tempuh yang jauh banget ke kampus dan kalau naik angkutan kota (angkot) waktu tempuh paling cepat sekitar 45 menit, aku putusin buat ngekos. Yah meskipun harus diakuin, there was a stronger excuse at that time. Tapi apapun itu, aku enjoy kok sama statusku sekarang sebagai anak kos :)


Curahan hati terselubung

Nah mumpung sekarang lagi liburan semester, dan kebanyakan dari kamu yang baru lulus sma bakal ngelanjutin pendidikan ke universitas dan bakalan ngekos juga, jadi aku pengen bagi tips tentang pilah-pilih kosan (buat anak kos senior, punten sesepuh..)

Here we go!
1. Jarak tempuh ke kampus!  
Ini jadi salah satu syarat mutlak, apalagi buat kamu yang bukan morning person dan sering telat, jarak tempuh yang dekat bakalan ngebantu banget dalam proses perkuliahan kamu. Kelas pagi dan dosen yang strict sama waktu bakalan susah tolerir kamu kalo kamu telat terus-terusan,kan? Besides, berdasarkan pengamatan yang aku lakuin selama enam bulan terakhir (tsaaah), kebanyakan mahasiswa bakalan jenuh dan malah males ke kampus kalo jarak tempat tinggalnya jauh. Salut deh buat anak Papua atau any remote area yang rela jalan jauuuh banget atau bahkan melintasi sungai demi sekolah. Unfortunately, ga semua anak punya keinginan kuat kayak mereka (tbh, aku ga seulet mereka).

Selain kelas pagi, jarak tempuh ke kampus yang dekat bakalan ngebantu banget kalo nantinya kamu join  bareng organisasi atau UKM di kampus kamu. Jadi mahasiswa bakal ngubah jadwal dari yang anak sekolahan yang pulang ke rumah jam 2 siang, jadi anak kampus yang aktif ikut organisasi sana-sini dan ga jarang mesti pulang abis maghrib akibat rapat kepanitiaan ini-itu. Aku sih ngerasa semenjak ngekos aku bisa main ke basecamp UKM-ku soalnya masalah jarak ga terlalu jadi  masalah lagi buatku (tapi bukan alasan buat pulang malem ya..).

[!] Bicara soal jarak tempuh yang dekat dan efisiensi waktu, pemilik kosan juga ga bakalan terapin biaya kos yang murah. Harus diakui, semakin dekat kosan ke kampus, semakin mahal. Aku sendiri harus ngerogoh kocek yang menurutku cukup mahal (as I showed in the picture before) buat bayar kosanku. Tapi ada harga ada kualitas. After doing the calculation, it all worth kok.

2.  Selain jarak tempuh ke kampus, perhatiin juga jarak tempuh ke fasilitas umum dan public places availability.
Ya namanya universitas, pastinya ga jauh-jauh di perbatasan kota yang jauh dari fasilitas umum, kan? Memang bener, tapi yang aku maksud sebagai fasilitas umum di sini itu fasilitas yang bakalan sering kamu gunain sebagai mahasiswa. Coba survei dulu, apa jarak kosan kamu jauh dari rumah ibadah? Soalnya kalo jauh, nah, balik lagi ke hasil riset kecil-kecilanku di atas. Yang ada malah kamu males buat nunaikan kewajiban kamu buat ibadah! (Hayoo, dosa loh!)

Selain rumah ibadah, perhatiin juga sarana penunjang lain, kayak perpustakaan. Beberapa univeritas cuma nyediain satu perpustakaan, yaitu perpustakaan pusat. Untungnya, di Universitas Sumatera Utara (USU), selalu ada perpustakaan cabang per fakultas dan jaraknya itu ga jauh dari kosanku. Lumayan kan, kalo lagi gak mood belajar bisa main ke perpustakaan dan termotivasi liat temen lain yang udah khatam Fisiologi Guyton (ini serius ada..). Kalo siang panas terik, juga bisa dijadiin tempat ngadem buat ngerjain tugas.


Ini sebenarnya di Perpustakaan Kota Medan, rajin-rajin main ke perpustakaan ya!

Satu lagi yang ga kalah penting, tempat makan! Mau tempat belajarnya adem, tapi kalo perut keroncongan kan sami mawon yah… Jadi pastiin kalo di dekat kosan kamu ada warung nasi yang harganya bersahabat (soalnya zaman sekarang banyak yang ngaku harga mahasiswa tapi bo’ong) atau bisa juga tempat catering rantangan.

Buat mahasiswi yang rajin masak, letak pasar tradisional yang bisa dijadiin food source buat masakan sehari-hari juga penting, walaupun memang biasanya ada tukang sayur keliling. Aku sendiri sebagai anak sehat Indonesia, lebih prefer belanja langsung ke pasar, soalnya lebih banyak pilihan.

Sandang, pangan, papan. Oke, kita setuju kalo selain makanan kebutuhan primer yang lain adalah pakaian. Baju. Iya, baju. Buat kamu yang males nyuci dan nyetrika dan memang punya anggaran khusus buat cucian, perhatiin juga lokasi kios laundry kiloan. Again, beberapa penyedia jasa laundry memang nyediain layanan antar jemput, tapi biasanya lebih mahal. Kalo jaraknya dekat dari kosan kan lumayan jalan sore sambil nganter cucian ke tukang laundry.
[!] Meskipun dikasih name tag, jangan lupa sama model dan warna baju yang kamu kasih, soalnya aku pernah dikasih baju yang salah pas ngambil, tukang laundry sempat ngotot karna warna bajunya sama, tapi setelah aku jelasin modelnya, dia baru cari-cari lagi ke gudang dan akhirnya ketemu :’)

Mensana en corpora sano. Jadi mahasiswa yang ngekos dan tinggal jauh dari ortu bukan berarti ga care sama kesehatan. Kalo bisa sih, sarana olahraga ga terlalu jauh dari kosan kamu. Sarana olahraga yang aku maksud di sini bisa yang free (kalo di USU contohnya di depan biro rektorat dan sepanjang jogging track) atau bisa juga yang berbayar (jarak kosanku ke celebrity fitness sekitar 15 menit, jadi ga ada alasan males-malesan ngegym). Satu paket sama sarana olahraga, pastiin ada klinik atau rumah sakit terdekat yang bisa diakses kapan aja. Bisa aja kamu sakit tengah malam dan mesti cepet-cepet ke klinik.
[!]Satu hal yang perlu digaris bawahi, pastiin kalo klinik/rs itu melayani jasa layanan kesehatan (yankes) kayak contohnya askes, BPJS  atau bahkan asuransi kesehatan swasta yang kasih kita kemudahan akses yankes tanpa mesti bawa banyak uang cash anytime. Sebelum ngekos, coba konsultasi ke ortu pilihan apa yang bisa diambil buat kebutuhan tak terduga kayak gini. Buat yang ortunya pegawai negeri, bisa pakai BPJS, atau asuransi swasta.

Next, minimarket atau toko serba ada. Zaman sekarang, al*amart sama in*omart udah berlomba-lomba  buka cabang dimana-mana, dan biasanya sih, yang dekat sama area kampus itu yang buka 24 jam. Meskipun jam malam di kosanku lumayan ketat, tapi sebelum jam Sembilan biasanya aku udah prediksi apa aku bakalan kelaparan tengah malam atau engga. Kalo ada kemungkinan, aku bakalan jalan secepetnya ke al*amart buat beli pengganjal perut (roti sobek contohnya) atau kopi buat begadang. Selain makanan, kebutuhan pulsa juga kan crucial banget buat mahasiswa, jadi keberadaan minimarket atau toserba yang jual pulsa membantu banget.
[!] Meskipun banyak kios penjual pulsa dekat kosan, aku saranin buat beli pulsa dari minimarket atau ATM aja. Ga jarang, mahasiswa diteror lewat sms karna nomornya disebarluasin sama si penjual pulsa. Aku sendiri beberapa kali diteror lewat sms anon yang bunyinya, “hai dik, lagi ngapain?” atau “malam dik..” Bikin sebel!


Setelah beli cincau kesukaan dan kebetulan lagi sepi, minta foto deh sama kakak al*amart yang baik ini :)

Almost reach the end, agak hedon dikit yah, buat yang cewek, lokasi salon! Salonnya gak usah yang mewah atau five-star rated, cukup salon mahasiswa yang lagi dan lagi, harganya ga terlalu mahal. Kamu juga bisa coba beli voucher diskon dari online merchant yang pastinya bisa save banyak duit (bakal aku jelasin di postingan selanjutnya).

The last but not the least, lokasi ATM. Mau makan butuh duit. Mau isi pulsa juga butuh duit. Jadi, cari lokasi ATM terdekat dari kosan kamu. Hati-hati kalau ambil duit, zaman sekarang modus kejahatan banyak banget.

3. Oke, setelah ngomong panjang lebar soal jarak ke kampus dan public places availablilty, yg ga kalah penting ya pastinya kosan kamu itu! Aku bakalan bahas panjang lebar soal fasilitas kosan tapi kayaknya aku udah panjang banget cerita, jadi bagusan aku sambung di postingan selanjutnya.

See ya, guys!

Komentar

  1. halo! :D hihihi itu memenya kocak, jadi ingat pas awal-awal ngekos :)))) lengkap nih tipsnyaa ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. It is! Aku juga ngerasa kalo memenya lucu dan cocok bgt sama aku, makanya aku masukin ke postingan ku, hehehe. Salam kenal anindy :)

      Hapus
  2. Kak...
    Keren bgt tulisannya kayak baca tips di majalah beneran..minta tanda tangan dong say..

    BalasHapus
  3. You're going as far as taking a pic with kakak ind*mar*t demi postingan ini ya len. Hahaha, is it the power of planning? XD Oh iya, kindly follow my blog, http://zeropadding.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Tips Satu Lagi.
    Carilah tempat kost yang lingkungan dan fasilitas di sekitarnya cukup bagus untuk selfie. Yah seperti photo di blog ini.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer